Wednesday, February 12, 2014

Burung Juga Perlu Suplemen Tambahan Lho



Salah satu hal sangat penting yang perlu diperhatikan pada burung Anda agar selalu berada dalam kondisi yang fit atau sehat adalah pemberian multivitamin dan nutrisi. Dari para ahli perburungan dan juga berdasarkan informasi penggemar burung berpengalaman ditemukan fakta bahwa ternyata banyak burung yang dipelihara dirumah masih mengalami kekurangan vitamin dan nutrisi dari yang seharusnya :
  • 67 % burung peliharaan  hanya sedikit atau kurang mengkonsumsi Vitamin A.
  • 97 ^ burung peliharaan hanya sedikit atau kurang mengkonsumsi Vitamin D. 
  • 27 % burung peliharaan  hanya sedikit atau kurang mengkonsumsi Vitamin E.
  • 98 % burung peliharaan hanya sedikit atau kurang mengkonsumsi Kalsium.
Hal itu semuanya itu terjadi dikarenakan selama ini burung peliharaan hanya diberi pakan yang tidak seimbang misalnya hanya diberikan biji-bijian saja atau voer saja setiap harinya, tanpa memberikan pakan tambahan lain yang bervariasi misalnya serangga atau buah-buahan yang bisa menjamin kebutuhan gizi mereka.

Vitamin untuk Burung

Hanya ada satu tindakan untuk mematikan bahwa anda sudah memberikan menu makan yang seimbang dan terjamin kebutuhan gizi dan nutrisinya yaitu dengan memberikan suplemen dan vitamin tambahan yang dibutuhkan untuk burung anda dirumah, selain pemberian buah-dan-serangga hal ini untuk menjamin kebutuhan gizi mereka tepenuhi.

Pemberian multivitamin untuk burung ini bisa berupa vitamin cair ataupun serbuk yang dimasukan kedalam makanannya atau minumannya atau juga yang diberikan langsung pada mulut burung. Akhir-akhir ini banyak produk multivitamin yang beredar dipasaran dan tentu saja itu membutuhkan kejelian anda dalam menggunakan produk tersebut apakah produk tersebut sudah lengkap mengandung zat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh burung selain dari pakan tambahan yang diberikan pada burung setiap harinya agar jadi saling melengkapi seperti BirdVit yang sudah terbukti bisa melengkapi kebutuhan nutrisi burung selain kandungan nutrisi yang didapat dari makanan hariannya.

Pentingnya Kalsium untuk Burung

Burung sudah mendapatkan Vitamin harian atau suplemen mineral, apa lagi yang dibutuhkan? ini merupakan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh sebagaian besar penggemar burung kicauan di indonesia, selain kebutuhan akan vitamin burung juga membutuhkan kalsium, kekurangan dari kalsium ini bisa menjadi masalah besar dibanding kekurangan vitamin A.

Sayangnya , kebanyakan pemilik burung di sini hanya mengandalkan atau hanya memberikan tulang sotong untuk menjamin ketersediaan kalsium bagi burung mereka, padahal nyata-nyata pemberian tulang sotong tersebut sangat tidak berpengaruh terhadap kebutuhan burung akan kalsium, dikarenakan sebagaian besar tulang sotong yang dicerna oleh burung akan langsung keluar melalui kotoran.

Yang lebih aman adalah memberikan Kalsium tambahan seperti BirdMineral yang selain mengandung kalsium juga mengandung Phospor,Iron, Manganase, Iodium,Cuprum,Zinz,Magnesium dan beberapa zat lain yang dibutuhkan burung dalam kebutuhan akan kalsiumnya.  Birdmineral ini mudah diserap dan cepat masuk dalam saraf tulang dan otot burung sehingga menjadikannya menjadi suplemen kalisum yang efektif bagi burung yang bisa diberikan rutin selama seminggu sekali.

Pentingnya Kalsium dalam Penangkaran Burung

Kalsium juga sangat penting untuk burung semasa berkembang biak dan merawat anak-anak mereka. Burung Betina membutuhkan banyak kalsium tambahan untuk membuat cangkang telur yang berkualitas baik, sebagaimana burung yang membawa cukup kalsium untuk memproduksi telur-telurnya ,BirdMineral juga bisa meningkatkan produksi telur, menjamin kualitas kulit telur yang baik sehingga mengurangi resiko dari egg binding dan meminimalisir stress pada burung betina. jadi ketika burung akan mulai dikembang biakan, berikan Birdmineral ini tiga - lima kali seminggu dengan demikian anda akan bisa mendapatkan telur berkualitas bagus dan dengan jumlah yang lebih banyak, burung yang sehat dan tentu saja anakan yang akan memiliki tulang-tulang yang sehat.

Kebutuhan Protein

Sekarang kita sudah memiliki vitamin essential sehari-hari dan juga kebutuhan kalsium, lalu apa lagi yang dibutuhkan agar burung selalu lebih sehat? jawabannya tentu Protein.

Burung yang masih berusia muda mengalami pertumbuhannya dengan cepat jika dibarengi dengan pemberian protein yang cukup. pemberian proterin dalam jumlah 20% saja sudah cukup untuk pertumbuhan burung muda. Dalam skala penangkaran masih banyak yang memberikan protein ini dengan jumlah antar 8 % - 12 % yang mana jumlah tersebut masih terlalu rendah untuk menstimulasi perkembang biakan burung atau juga memaksimalkan pertumbuhan anak-anaknya.

Terdapat dua cara untuk meningkatkan kebutuhan akan protein ini yaitu :
  1. Menambah asam amino dalam menu makannya sehingga burung bisa memanfaatkan semua kandungan protein yang terdapat dalam buah-buahan, biji-bijian atau makanan yang mereka makan. Salah satu manfaatnya yang bisa didapatkan adalah membantu menjaga kondisi berat badan dari burung anda dan mencegah burung dari kondisi kegemukan.
  2. Selama berkembang biak, dimana jika tidak cukup pemberian protein untuk menstimulasikan perkembang biakan burung, maka bisa dirangsang dengan pemberian BirdHormone atau BirdMature, dimana suplemen tambahan ini memiliki kandungan tinggi protein yang sangat bermanfaat dan bisa berfungsi sebagia Booster untuk kesuburan, pertumbuhan anakan dan menjaga kualitas bulu.

dari sumber

No comments:

Post a Comment